RSS
Facebook
Twitter

Sabtu, 09 Maret 2013

Definisi SEO dan manfaatnya







Apakah itu SEO?
 Bailkah, sobat Mungkin Bagi Anda yang sudah lama terjun di dunia Blogger  pasti sudah mengetahui apa itu SEO. SEO adalah singkatan dari ( Search Engine Optimization). Dan jika kita terjemahkan kedalam bahasa indonesia, maka SEO dapat diartikan Optimasi Mesin Pencari. Optimasi Mesin pencari atau Optimasi SEO dilakukan untuk meningkatkan peringkat suatu website atau blog dimata Search Engine. Peringkat atau ranking suatu blog atau website di mata search engine dapat kita lihat pada halaman hasil pencarian google atau yang biasa yang sering kita kenal SERP (Search Engine Result Page). Pengkategorian Optimasi SEO: Optimasi SEO sendiri secara umum dapat kita kategorikan menjadi dua, yaitu : optimasi SEO On Page dan optimasi SEO Off Page.


A.   Optimasi SEO On Page

Optimasi SEO On Page yaitu optimasi SEO yang dilakukan dalam blog itu sendiri
 ( Internal ) misalnya melakukan modifikasi dan mengoptimalkan beberapa bagian blog.



1.      Mengotimalkan nama Domain
Mengoptimalkan nama domain dapat kita lakukan pada saat pertama kali kita membuat blog / website, kita harus menentukan nama domain blog/website sesingkat mungkin tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek agar mudah dikenal dan ingat oleh semua pengguna internet.



2.      Pemasangan Meta Tag
Menurut pendapat saya meta tag bagi sebuah blog yaitu merupakan data diri atau atribut dari blog tersebut. Meta tag biasanya terbagi tiga yaitu : 
- meta description : berisi deskripsi dari blog / wesite kita.
- meta keyword     : berisi macam-macam kata kunci untuk halaman homepage blog kita
- meta tag site confirmation untuk mengonfirmasi penaftaran blog disuatu situs seperti google, alexa, bing dll.

3.      Memasang Navigasi Breadcrumb
Navigasi breadcrumb berfungsi untuk mempermudah googlebot dalam mengetahui letak postingan di blog atau website kita. Navigasi breadcrumb biasanya terletak diatas judul postingan.


4.      Memasang Widget Artikel Populer / Popular Posts
Memasang Widget Artikel Populer gunanya adalah agar para visitor mengetahui info terbaru dari postingan di blog kita.
 

5.      Cara Menulis atau Membuat Artikel
Dalam menulis artikel sebaiknya belajarlah untuk membuat artikel yang baik dan menarik utnuk dibaca. Sedangkan untuk urusan SEO, biasanya harus ada keyword / kata kunci yang  tercetak tebal, bergaris bawah serta teks miring


6.      Penggunaan tag Title dan Alt  pada gambar
Peggunaan tag title dan alt pada gambar sangat penting, tujuannya yaitu agar googlebot dapat dengan mudah dalam menyerap blog kita untuk kemudian di deteksi. Jadi gambar yang ada di blog kita dapat terindex oleh google. Sebenarnya masih ada lagi tapi itu sebagai contoh saja .Nah, sedangkan optimasi SEO Off Page, adalah kebalikan dari optimasi SEO On Page.

B. Optimasi SEO Off Page
Optimasi SEO off Page yaitu optimasi SEO yang dilakukan diluar dari blog itu sendiri, dan biasanya berkaitan dengan backlink. Misalnya :
1.       Submit Blog ke Search Engine ( Google, Yahoo, Bing, Ask ).
2.      Submit Blog ke Directory
3.       Sumbit blog ke Social Bookmarking
4.      Submit blog ke social networking
5.      Melakukan ping blog
6.       Melakukan blogwalking apalagi ke blog dofollow ( tukar link, saling follow ataupun coment ). 

  










 

0 komentar:

Posting Komentar

  • Dari : Situs Alfi